Abstrak

Oleh : Dra. Ummi Rosydiana, M.Par.

Kepala SMK Negeri 3 Semarang

Untuk menjamin kualitas proses pembelajaran yang bermutu dan relevan di SMK, maka SMK Ngeri 3 semarang mengembangkan atau revitalisasi Bengkel OTTO 03 teaching factory SMK Negeri 3 Semarang. Untuk mengembangkan bengkel OTTO 03 Teaching factory perlu adanya pembenahan dibeberapa bidang antara pembenahan dan renovasi tempat, pengembangan sumber daya manusia, pengelolaan menegemen yang profesional. Juga Pelayanan terhadap customer sehinggal customer akan merasa nyaman dan akhirnya akan mempercayakan servicenya ke Bengkel OTTO 03 Teaching Factory SMK Negeri 3 Semarang. Tujuan yang diharapkan adalah Terwujudnya pengelolaan bengkel OTTO 03 service sepeda motor dan mobil berstandar IDUKA.

Solusi pengembangan bengkel OTTO 03 Teaching factory SMK Negeri Semarang antara lain melakukan inventarisasi peralatan bengkel  yang sudah ada, menyusun kebutuhan bahan dan RAB untuk kegiatan revitalisasi, membuat layout/tata letak bengkel Bengkel OTTO 03, melakukan koordinasi dengan IDUKA untuk menjadi supervisor atau quality control (QC) bengkel OTTO 03, membuat struktur organisasi bengkel OTTO 03, melakukan promosi produk berupa layanan jasa secara daring (media sosial) dan luring seperti flyer, spanduk/benner, layanan mobile, giveaway (voucher/merchandaise), dan membership, serta membuat database pelanggan (setiap kali sudah mendekati waktu servis, pihak TEFA 03 memberikan notifikasi untuk perbaikan dan menjelaskan detail apa saja yang perlu diservis).

Hasil pengembangan bengkel OTTO 03 Teaching factory SMK Negeri Semarang untuk program jangka pendek 25 hari sudah tercapai 100% yaitu perwajahan bengkel Bengkel OTTO 03 yang lebih menarik, layout bengkel sesuai dengan standar IDUKA, kepercayaan IDUKA dan masyarakat terhadap keberadaan bengkel Bengkel OTTO 03, peningkatan kualitas sikap kerja (5S/5R) peserta didik serta kemampuan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan SOP, terjalinnya kerjasama bengkel OTTO 03 dengan IDUKA dan benefit. Dengan demikian, pengembangan bengkel OTTO 03 Teaching factory SMK Negeri Semarang memberikan konstribusi yang positif  baik bagi SMK Negeri 3 Semarang, Masyarakat umum, IDUKA, dan Corporate.

Kata kunci : Revitalisasi Bengkel OTTO 03

Dokumen lengkap unduh disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *