Semarang, 20 Maret 2023 – Asesor kompetensi merupakan seseorang yang memiliki kewenangan dalam proses uji kompetensi yang merekomendasikan peserta uji dinyatakan kompeten atau belum kompeten. Salah satu guru SMK Negeri 3 Semarang, Arif Riyanto, mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Pelatihan Asesor Kompetensi Konstruksi secara mandiri. Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Candi Indah Convention Semarang selama 5 (lima) hari mulai tanggal 20 Februari hingga 24 Februari 2023. Ketua LSP Tenaga Konstruksi Nasional selaku penyelenggara melaporkan bahwa pelatihan ini diikuti sebanyak 24 calon asesor yang berasal dari para dosen Perguruan Tinggi, guru-guru SMK dan para penyelenggara TUK di Jawa Tengah. Pelatihan ini  menghadirkan 2 (dua) orang Master Asesor dari BNSP yaitu Sri Pudjiastuti dan Sri Salimah.

Sri Pudjiastuti sebagai salah satu Master Asesor menyampaikan bahwa pelatihan asesor ini berfungsi untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih dan kini memasuki era revolusi industri 4.0. Tujuan akhir dari pelatihan ini adalah mencetak asesor kompetensi yang berlisesni nasional (Sertifikasi BNSP). Pelatihan dilaksanakan dengan model materi ceramah, diskusi dan paling besar porsinya adalah pemberian tugas mandiri.

“Saya berharap dari pelatihan ini saya mampu melaksanakan penilaian dan uji kompetensi terhadap peserta uji pada sektor Konstruksi” ujar Arif Riyanto sebagai salah satu peserta pelatihan askom dari SMK N 3 Semarang.

Dra Ummi Rosydiana, M.Par  selaku Kepala SMK Negeri 3 Semarang berharap bahwa berharap seluruh calon asesor dapat direkomendasikan kompeten sebagai seorang asesor kompetensi dan selanjutnya akan menjadi perangkat kerja LSP SMK Negeri 3 Semarang yang memiliki kemampuan metodologi  melakukan asesmen kompetensi sesuai skema sertifikasi pada LSP SMK Negeri 3 Semarang.

 

Penulis

Dra Suminingsih,M.Si

Ketua LSP SMK N 3 Semarang

4 Comments

  1. Hello there, I do believe your site could be having browser compatibility problems.

    When I look at your web site in Safari, it looks fine however, if opening in IE, it’s
    got some overlapping issues. I just wanted to give
    you a quick heads up! Apart from that, fantastic website!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *